Sabtu, 18 Februari 2012

Yamaha V-Ixion, Maksimalisasikan!


Yamaha V-ixion hadir dari pabriknya sudah macho dan sporty. Meskipun demikian, bagi Budi yang asli West Borneo ini masih belum puas. “Namun ingin sedikit ada ubahan. Agar semakin oke lagi performanya,” buka pria yang gemar main footsal ini. 

Bisa dimengerti, tampaknya Budi menginginkan ubahan yang tidak berlebihan. Jika dilihat dari modifnya, hanya ingin mempertegas image dasar gaya petarung jalanan yang sudah melekat pada kuda besi keluaran tahun 2008 ini. Makanya pilihan ubahan simple tapi mengena.

Johan Suy sang modifikator yang mendapatkan mandat untuk ubahan merespon baik apa yang diinginkan Budi. Apalagi Johan punggawa Platinum Motor yang sudah tersohor sebagai spesialisnya gaya petarung jalanan di Pontianak. Sehingga, proses pengerjaan berjalan lancar.

Dimulai dari pemasangan ban Swallow 100/70-17 untuk depan dan Swallow 120/70-17 buat belakang. Membalut erat pelek Rossi. Sedangkan kaki-kaki bawaan pabrik masih dipercaya untuk menopang bodi dan sang penyemplak untuk melahap jalanan aspal kota Borneo.

Ubahan lebih tertuju pada area cover bodi. Seperti terlihat pada desain tangki yang terbuat dari serat fiber hasil karyanya. “Tangki asli ditutup bodi buatan. Bentuknya menyesuaikan gaya yang merujuk street fighter. Pastinya menyisakan celah untuk posisi paha si pengendara,” bilang pria dari Jl. Putri Candramidi No. 64, Pontianak, Kalimantan Barat ini.

Sebagai modififikator spesialis street fighter. Semua ubahan masih bertahan menyesuaikan porsinya. Aksi ciamik pada desaign airoscop sebagai bukti. Bentuknya dibikin sedemikian rupa untuk menyiasati dimensi mesin yang terlihat ceking lantaran bentuk bodi yang melar. 
“Dari sononya, deltabox bawaan sudah sangat berperan besar mendongkrak performa Yamaha V-ixion. Mau dijadikan full fairing oke, mau dibikin gaya streetfighter pun sip. Minusnya, dimensi mesin jadi terlihat kecil. Toh itu bisa diakalin dengan membentuk cover penutup dapur pacu sekaligus airscoop,” papar pria berambut lurus ini.

Yang menarik, tidak menganut seremonial pemotongan rangka. “Menyesuaikan permintaan konsumen bro, ubahnya simpel tapi mengena. Tidak begitu banyak ubahan disana-sini, hanya pertegas gaya street fighter saja,” ujar modifikator yang akrab di sapa Bang Suy ini.

Mantab, jalanan kota Pontianak yang rawan macet dipagi dan sore hari kini siap dilalui tampilan baru V-ixion. “Bener banget bro, dengan ubahan yang ga ribet jadi mudah untuk menyelinap disaat macet,” girang Budi. 

DIUKIR TAPI EMPUK

Kreasi yang bisa diacungi jempol yaitu pada joknya. Masih dipertahankan agar bisa dinaiki boncenger. Tapi, kalau ditutup single seater sistem bongkar-pasang masih bikin repot. Untuk itu diakali dengan memaksimalkan jok standar.

Cara agar jok bagian belakang masih berfungsi namun tampilan menarik, busa bagian dalam jok diukir. Tentu ukirannya terletak pada busa yang ditutup kulit itu. 

Syiiippp!    (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Cakram depan: PSM 
Cakram belakang: Nissin 
Footstep: Yoshimura 
Cover Arm: Byson 
PM: 0813-4502-6690

0 komentar:

Posting Komentar